Aceh Islamic Tourism

Ziarah ke Makam Laksamana Wanita Pemberani di Aceh

   News & Event   


Tak hanya pria, perempuan pun bisa jadi laksamana yang tangguh. Di Indonesia, ada Laksamana Malahayati yang ikut berjasa dalam mengusir penjajah dari Tanah Air. Untuk mengenang jasa Laksamana Malahayati, traveler bisa ziarah ke makamnya di Aceh Besar.

Malahayati adalah seorang Laksamana atau Pemimpin Angkatan Laut yang berasal dari Kesultanan Aceh. Perempuan ini sungguhlah pemberani dan tangguh dalam berperang melawan penjajah.

Dahulu, Ia pernah terpilih sebagai Kepala Barisan Pengawal Istana pada 1585-1604. Sekitar tahun 1599, Malahayati memimpin 2.000 pasukan Inong Balee atau janda para pahlawan yang telah gugur, untuk berperang melawan kapal-kapal Belanda.

Dalam peperangan ini, Malahayati berhasil membunuh Cornelis de Houtman, seorang penjelajah sekaligus penjajah tangguh dari Belanda. Malahayati berhasil membunuhnya saat pertempuran 1 lawan 1 di atas kapal. Atas keberaniannya, gelar Laksamana pun diberikan kepada Malahayati.

Hingga saat ini, nama Laksamana Malahayati diabadikan dalam banyak hal. Namanya digunakan untuk nama jalan di berbagai daerah, pelabuhan di Aceh Besar hingga nama kapal perang TNI Angkatan Laut, yaitu KRI Malahayati.

Jika ingin berziarah langsung ke makam perempuan pemberani ini, traveler bisa datang ke Aceh. Ditengok detikTravel dari situs Disbudpar Provinsi Aceh, Selasa (21/4/2015), makam Laksamana Malahayati ada di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Lokasinya sekitar 32 km dari Kota Banda Aceh. Perjalanannya menghabiskan waktu sekitar 1 hingga 2 jam dengan kendaraan bermotor. Lalu, dilanjutkan dengan melewati jalan setapak sekitar 1 km ke puncak bukit tempat makam itu berada.

Makamnya berada di puncak bukit dengan pemandangan yang sangat indah. Di sini, Anda bisa ziarah sambil menimati sejuknya udara perbukitan dan indahnya pemandangan yang tersaji. Bukit Barisan dan Teluk Krueng Raya yang cantik pun terlihat dari area makam Laksamana Malahayati.(detik travel)

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *