Aceh Islamic Tourism

Pesona Batu Giok asal Aceh

   News & Event   


SIAPA yang tidak tahu batu giok? Selain kecantikannya, batu yang mengandung nilai seni alami ini juga dipercaya sebagai pembawa tuah.

Giok asal Aceh  kini mulai populer sejak lima tahun terakhir. Bermula dari seorang pria renta yang membawa batu dari Beutong Ateuh,Kabupaten Nagan Raya ke Banda Aceh.

Dulu  pecinta batu cincin sudah  membawa batunya  ke luar Aceh,  Bandung, Jawa Barat untuk uji laboratorium.  Hasilnya, diketahui bahwa benar itu batu giok. Sejak itu daerah Aceh diketahui memiliki batu elok ini.

Jailani pemilik Toko Joy mengakui pada saat  ini sudah  melayani pesanan dari luar negeri seperti Jerman, Malaysia, Brunei Darussalam dan Korea Selatan.

“Batu-batu mulia ini berasal dari penambang tradisional di Nagan Raya dan Aceh Tengah, sudah go internasional,” sebutnya.Lanjutnya lagi, kini batu giok asal Aceh merupakan batu giok terbaik di Indonesia.  Ditingkat dunia, batu giok Aceh berada di urutan ketiga setelah giok Burma dan China.

“Giok menjadi riasan andalan di jemari pria Aceh. Mata anda mungkin berbinar sekilau giok bila mendengar harganya. Seratusan ribu hingga jutaan rupiah. Maklum giok batu mulia kelas menengah,” ujarnya.

Selain itu di toko batu cincin di kawasan  Banda Aceh, salah satunya Keutapang, Aceh Besar ini tersedia beragam batu giok Aceh.

“Kita sediakan batu mulai dari giok jenis nefrite jade sampai jenis idocrase ada di sini.  Harganya sangat tergantung kualitas dan jenis serta coraknya.” ujarnya.

Dia juga menyembutkan, batu itu mereka jual dihitung dari berapa besar yang anda inginkan. Untuk jenis giok super dihargai Rp 2 juta bahkan ada yang dijual sampai puluhan juta rupiah.

“Sejak menjuarai event bergengsi batu giok di Jakarta beberapa bulan lalu, batu giok Aceh semakin kesohor. Ramai pecinta batu dari daerah di Indonesia seperti Jakarta, Padang, Sulawesi dan Ternate berburu giok ke Aceh,” bebernya.(indopos.co.id)

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *