Aceh Islamic Tourism

Kuah Pliek U

   Aceh Culinary   


kuah-pliek-uKuah Pliek ‘U’ merupakan sajian khas Aceh, sarat dengan bumbu dan rempah pekat. Pada umumnya cita rasa sajiannya mirip cita rasa dari dapur India. Mungkin karena pengaruh kedatangan pedagang dari Gujarat, India, pada zaman dulu.

Rempah daun yang banyak dipakai di dapur Aceh adalah daun salam koja yang dikenal pula dengan istilah daun temurui. Biasanya orang Aceh menanam sendiri daun rempah ini di halaman rumah mereka. Sebab, daun salam koja hanya bisa diperoleh di pasar tradisional di pedagang khusus.

Untuk sajian sehari-hari biasanya terdiri dari roti jala yang biasa disantap dengan aneka lauk berbumbu kari atau gulai. Kali ini Anda bisa mencicipi kelezatan varian sajiannya yaitu Mi Goreng Aceh yang unik, ikan tongkol yang ditumis dengan bumbu rempah khas Aceh, tak ketinggalan gulai sayur dari sayuran komplet yang menyehatkan.

Kuah Pliek U adalah salah satu masakan khas Aceh. Bahan pembuatannya pun beraneka ragam sayur, ada daun melinjo, kacang panjang, nangka muda, buah melinjo, daun jeruk dan beberapa bumbu dapur. Selain itu, Pliek U nya sendiri terbuat dari kelapa yang didiamkan beberapa hari, lalu diperas dan diambil minyaknya, sedangkan sisanya dijemur.

Dari segi makanan kuah Pliek ‘U adalah makanan Aceh yang sangat populer dengan campuran berbagai rasa dan kaya akan vitamin serta zat-zat yang bisa meningkatkan gairah dan kekebalan tubuh. Selain itu juga Kuah Pliek ‘U juga merupakan makanan yang melambangkan kekerabatan dan keanekaragaman dalam masyarakat Aceh yang dapat disatukan dalam satu kuali, sehingga mengasilkan rasa yang unik dan digemari oleh seluruh masyarakat di luruh dunia.

Kuah Pliek ‘U juga merupakan media memperkenalkan hasil alam Aceh yang begitu kaya akan jenis sayurnya sehingga dengan menyantap kuah Piek ‘U berarti kita telah menyantap seluruh sayuran yang ada di Aceh.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *