Aceh Islamic Tourism

Berburu Cantiknya Sunset dan Sunrise di Tanah Rencong

   News & Event   


lampuukProvinsi paling barat Indonesia, Aceh punya sejuta pesona alam yang indah tiada tara. Salah satu daya tarik Tanah Rencong menawan adalah saat matahari terbit dan tenggelam. Terdapat spot tertentu yang dianggap strategis menikmati indahnya sang surya saat tenggelam dan terbit.

Lokasi pertama untuk menikmati mentari di kala terbit berada di pelabuhan Balohan, Sabang. Para wisatawan yang berkunjung ke Sabang dapat melihat kemunculan matahari ini mulai pukul 07.00 WIB sampai 08.00 WIB. Pada jam tersebut matahari tampak malu-malu menunjukkan sinarnya hingga akhirnya separuh badan matahari terlihat mengintip di balik gunung.

Suasana makin indah saat sinar matahari terpantul ke air yang membuat Samudera Hindia berkilauan. Tidak sampai situ saja, tiupan angin lembut dan ombak yang pecah menabrak perahu-perahu membuat wisatawan terpaku. Biasanya syahdunya sunrise di Sabang akan sedikit meredup karena ramainya pelabuhan dan lalu lalang orang. Ada baiknya saat seperti ini, wisatawan harus pintar-pintar mencari spot yang sedikit tenang.

Saat sore telah tiba, jangan lewatkan momen mentari kembali pulang. Ada dua tempat yang banyak dibicarakan orang Aceh. Tempat pertama adalah di nol kilometer, Pulau Weh. Memang perjalanan dari Balohan, Sabang ke Banda Aceh agak melelahkan, sekitar hampir dua jam. Namun perjalanan tersebut akan terbayar saat melihat cantiknya mentari di ujung Sumatera ini.

Pengunjung mungkin akan sedikit terganggu karena di tempat tersebut tengah ada pembangunan tugu nol kilometer. Kendati demikian, semua aktivitas terasa terhenti saat cahaya merah jingga perlahan turun tertutup awan.

Di tempat ini terdapat beberapa kios dengan tempat duduk menghadap laut, sehingga pengunjung dapat menikmati mentari sambil menyeruput sejuknya air kelapa dingin atau menyantap pedasnya rujak Aceh. Pesona ini tak pelak menjadi daya pikat bule-bule yang memang sengaja datang ke Sabang untuk menyelam atau menikmati sunset di nol kilometer.

Untuk menikmati sunset ini Anda harus tiba sekira pukul 18.30 WIB dan yang terpenting setelah menikmati sunset segera pulang mengingat perjalanan pulang harus menempuh jalan yang ditumbuhi pohon lebat sampai tak jarang hewan liar lalu lalang.

Selanjutnya, tempat kedua menikmati sunset terbaik terletak di pantai Lampuuk Banda Aceh. Pantai ini tergolong bersih dengan pasir putih dan panorama yang membuat mata siapapun sulit berkedip. Betapa tidak di sini pantai menyatu dengan keindahan gunung nan hijau yang berjejer. Untuk menikmati sunset ini pengunjung harus datang sekira pukul 18.30 WIB. Anda bisa menikmati mentari yang semula berwarna kuning cerah menjadi jingga, hingga keunguan.

Jadi jika Anda berkunjung ke Aceh jangan lupa sempatkan menikmati cantiknya sunset dan sunrise di Tanah Rencong.(merdeka.com)

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *