Aceh Islamic Tourism

Asam Keueng

   Aceh Culinary   


Asam Keueng
Asam Keueng

Asam keueung merupakan salah satu masakan khas Aceh. Masakan ini terasa asam dan pedas. Dalam Bahasa Indonesia, kata asam keueng berarti sayur asam pedas.

Tapi, masakan asam keueng lain daripada masakan asam pedas. Masakan asam pedas itu kemerah-merahan. Sedangkan masakan asam keueng berwarna kuning. Masakan ini hanya terdapat di Aceh dan penyajiannya pun berbeda.

Untuk memasak sayur ini, bisa dipadu dengan ikan (tongkol atau bandeng), udang, teri basah (bileh), atau daging bakar. Daerah yang mayoritas penduduknya mempunyai makanan yang bersumber dari ikan laut, pasti sering didapati asam keueng. Setiap pulang melaut, ikan dipilah kemudian dimasak menjadi asam keueng.

Rasanya pun sangat berbeda. Boleh dikatakan, di setiap daerah Aceh memiliki bumbu asam keueng khas tersendiri. Bila dirasa sekilas, masakan ini seperti tom yam. Kuah yang berasal dari Thailand itu kini menjadi salah satu menu favorit di Indonesia. Asam dan pedas kuah yom yam dipadu seafood seperti baso ikan dan udang, juga sayuran seperti jamur dan tomat yang dipotong besar-besar, kian kian berasa di lidah.

Tapi, ini bukan tom yam. Ini kuah asam keueng Aceh. Rasanya tak kalah dengan tom yam. Tingkat keasaman dan kepedasan asam keueng cukup pas terasa di lidah. Para penikmat kuah asam keueng ini pun dipaksa merem-melek untuk mencicipi menu ini. Keragaman rasa, menambah kesegaran rasa asam di dalamnya.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *